IBX5841290004FB3
BREAKING NEWS
Search

Tips Aman Traveling ke India untuk Pria dan Wanita

Foto : topten .iochoice .com

Apa yang langsung terlintas di pikiran kamu ketika mendengar nama India? Apakah langsung teringat dengan drama Bollywood nya yang penuh dengan nyanyian dan tarian? Atau mungkin teringat dengan bau karinya yang khas? 

Sebenarnya yang paling sering terlintas di pikiran orang-orang setelah mendengar nama India adalah padatnya penduduk di sana, lalu tingkat kriminalitas yang tinggi, lingkungan yang kumuh, dan juga pelecehan yang kerap terjadi di sana.

Memang ternyata di sana kondisi di beberapa kota tidak seperti apa yang digambarkan dalam serial dramanya. Bahkan kalau kamu mencari di Google tentang traveling ke India pasti di halaman pertama akan ditunjukkan berita-berita tentang penipuan, saran dan tips keamanan, hingga berita tentang pelecehan terhadap traveler perempuan dari negara barat.

Foto : blog .capertravelindia .com

Meskipun begitu hal-hal yang telah disebutkan di atas tidak mengurungkan niat beberapa traveler untuk mengunjunginya. Apresiasi yang sangat tinggi harus diberikan kepada mereka yang berani melakukan saat traveling ke India apalagi kalau dia seorang perempuan.

Pasalnya, sudah jadi rahasia umum kan kalau di sana cukup tidak aman untuk berjalan sendirian apalagi kalau tampilannya sangat terlihat mencolok sebagai seorang traveler dari negara maju. 

Nah, buat kamu yang mungkin sudah cek tiket pesawat murah ke India dan sudah memutuskan untuk pergi ke sana ada baiknya nih perhatikan dulu tips keamanan selama traveling di sana. Bukan cuma untuk perempuan, tapi laki-laki juga harus waspada jika akan melakukan perjalanan traveling ke negeri Bollywood tersebut. Mari kita simak!


  • Gunakan pakaian yang tidak mencolok dan juga tertutup

Tips yang satu ini akan selalu kamu temukan ketika kamu mencari artikel tentang tips traveling aman di India. Tapi memang pakaian yang terbuka dan juga mencolok akan menarik perhatian siapapun tidak hanya di India tapi di negara lainnya pun begitu. Hanya saja karena di negara ini tingkat kriminalitas yang begitu tinggi jadi akan sangat bijak jika kamu melakukan tips ini. 

Apalagi bagi traveler perempuan yang akan melakukan perjalanan ke sana. Menggunakan pakaian tertutup di India saja masih berpotensi menjadi target kejahatan di sana Apalagi yang menggunakan pakaian terbuka dan mencolok. Tips ini tidak berlaku hanya untuk perempuan yang laki-laki harus memperhatikan penampilannya agar tampil sederhana.

  • Gunakan transportasi yang aman

Saat ini di kota-kota besar di India sudah memiliki sistem transportasi yang memadai. Seperti misalnya kereta bawah tanah dan juga bus yang modern. Namun yang jadi perhatian di sini adalah ternyata tempat duduk untuk pria dan wanita itu dipisah.

Di dalam kereta bawah tanah disediakan gerbong khusus perempuan di gerbong paling belakang. Mirip dengan Indonesia yang hanya saja kalau di Indonesia gerbang khusus perempuan terdapat di gerbong paling depan dan paling belakang. 

Yang harus diperhatikan adalah jangan sampai kamu menerima tawaran tumpangan gratis dari seseorang yang tidak dikenal. Untuk di beberapa titik wisata india dan Indonesia memiliki satu persamaan yaitu sistem tawar-menawar yang dilakukan jika ingin menaiki taksi.

Namun, ada beberapa taksi yang memang hanya menerima pembayaran dari argo resmi. Kalau terpaksa kamu harus melakukan tawar-menawar dengan supir taksi usahakan untuk cermat dan hati-hati dikelabui, ya.


  • Jangan asal tanya, coba untuk bertanya pada polisi atau petugas keamanan resmi

Jangan coba-coba untuk bertanya pada orang asing yang baru kamu temui di India. Takutnya tiba-tiba kamu miliki niat jahat pada orang yang tidak tahu apa-apa tentang daerah tersebut. Kalau kamu benar-benar tersesat dan tidak punya cara lain selain bertanya, usahakan untuk mencari petugas kepolisian ataupun petugas keamanan yang resmi. 

Atau bisa juga kamu menanyakan hal apapun pada petugas hotel tempat kamu melakukan reservasi hotel online. Dengan begitu akan lebih terjamin keamanannya. Oh ya, perlu jadi catatan kalau di India ada dua jenis polisi. Ada polisi lalu lintas dengan seragam biru putih, ada juga polisi masyarakat yang menggunakan seragam berwarna coklat. 

Jika kamu perempuan jangan pernah berpikir bahwa bertanya dengan sesama perempuan akan lebih aman. Banyak juga kasus penipuan dari oknum-oknum yang merekrut perempuan untuk melakukan tindak kriminalitas pada traveler.


  • Hindari berjalan di malam hari 

Jika pada siang hari saja beberapa kota di India tidak terjamin keamanannya apalagi di malam hari. Kalau bisa usahakan untuk kembali ke hotel sebelum matahari terbenam. Apalagi kalau kamu travelling ke sana sendirian. Kalau memang kamu harus menuju suatu tempat di malam hari usahakan untuk meminta pegawai hotel untuk menemani demi menjamin keselamatan kamu. 


  • Reservasi hotel online yang terjamin keamanannya

Lakukan pengecekan dan juga survei tentang penginapan yang akan kamu tempati selama travelling di India. Jika kamu melakukan reservasi hotel online, kamu wajib melihat review dari traveler yang sebelumnya menginap di sana. Pastikan juga bahwa daerah sekitar hotel bisa terjamin keamanannya.

Cari hotel di tempat yang ramai. Lihat juga bagaimana akses dari hotel menuju transportasi publik. Kalau begitu kan kamu bisa tidur dengan nyenyak dan merasa aman sepanjang malam.


TAG

Yunarko

Semangat Pemuda Untuk Berbagi dan Menginspirasi.

  • email
  • linkedin
  • rss
  • pin
  • youtube
  • instagram
  • twitter
  • facebook
  • google+

0 thoughts on “Tips Aman Traveling ke India untuk Pria dan Wanita