IBX5841290004FB3
BREAKING NEWS
Search

Kegiatan Tanoto Foundation Untuk Melahirkan Peneliti Andal di Indonesia

Tanoto Foundation
Tanoto Foundation
Daya saing dan tingkat kemajuan sebuah bangsa ternyata tidak terlepas dari keberadaan para peneliti. Keberadaan periset andal diharapkan akan memicu hadirnya beragam inovasi yang dapat menjadi solusi, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraaan masyarakatnya ikut terdongkrak.

Sayang sekali, Indonesia masih mengalami krisis jumlah peneliti. Menurut data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, pada 2013 saja, Indonesia dinilai defisit 200 ribu orang peneliti. Secara keseluruhan, hanya ada 7.063 orang peneliti di Indonesia hingga tahun 2013. Jumlah ini jelas sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di negeri kita yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa. Sebagai perbandingan, Singapura memiliki 5.834 orang  periset dalam setiap satu juta orang penduduknya. Hal itu diperkirakan menjadi salah satu alasan kesejahteraaan rakyat Singapura.

Kondisi memprihatinkan itu membuat keluarga Sukanto Tanoto merasa tergerak. Mereka merasa wajib memerbaiki keadaan dengan  melahirkan peneliti andal di Indonesia supaya daya saing negara kian bertambah.

Tanoto Foundation dipilih sebagai sarana untuk menggerakkan kehadiran para peneliti di Indonesia. Kegiatan Tanoto Foundation yang berbasis pendidikan dan pemberdayaan masyarakat mewujudkannya dalam penyelenggaraan kegiatan Tanoto Student Research Award.

Kegiatan ini dimulai oleh Tanoto Foundation sejak 2007. Pada dasarnya, Tanoto Student Research Award memberi kesempatan kepada para pelajar untuk memamerkan ide penelitiannya. Tentu saja penelitian yang diajukan harus memiliki fungsi dan kegunaan dalam memecahkan masalah di dalam masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, Tanoto Foundation bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia sebagai mitra. Setiap tahun, Tanoto Foundation memberikan dana hibah sebesar Rp.150 Juta yang dapat digunakan oleh setiap universitas agar para mahasiswanya dapat melakukan riset dan berpartisipasi dalam Tanoto Student Research Award.

Hingga kini, tak kurang dari 303 penelitian para mahasiswa telah didukung oleh Tanoto Foundation. Hasilnya sangat beragam. Salah satunya ialah pembuatan drone bawah laut yang dilakukan oleh tim Autonomous Marine Vehicle dari Universitas Indonesia. Robot buatan mereka yang dinamai oleh Makara 05 dan Makara 06.2 dapat berpartisipasi dalam sebuah kompetisi bergensi bertajuk 2106 International RoboBoat Competition di Amerika Serikat pada bulan Juli lalu.

“Sebagai bagian dari komitmen Tanoto Foundation terhadap pendidikan Indonesia, kami ingin memupuk bakat-bakat muda secara konsisten agar menjadi berkualitas dalam melakukan inovasi di bidang masing-masing. Tanoto Foundation percaya bahwa untuk memiliki negara dengan s aya saing tinggi, harus ada banyak inovasi yang dilakukan Indonesia. Keberadaan budaya penelitian dan riset sejak dini akan mendukung hal tersebut,” ujar Ketua Pengurus Tanoto Foundation, Sihol Aritonang.

Tanoto Student Research Award merupakan penggerak. Pada akhirnya, Tanoto Foundation berharap kegiatan tersebut mampu menghasilkan para peneliti andal yang mampu memecahkan beragam persoalan di Indonesia.



Yunarko

Semangat Pemuda Untuk Berbagi dan Menginspirasi.

  • email
  • linkedin
  • rss
  • pin
  • youtube
  • instagram
  • twitter
  • facebook
  • google+

0 thoughts on “Kegiatan Tanoto Foundation Untuk Melahirkan Peneliti Andal di Indonesia