IBX5841290004FB3
BREAKING NEWS
Search

Perbedaan Semen Tahan Api Powder dan Pasta

semen-tahan-api
Gambar oleh Okezone.com

Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang mencari toko jual semen tahan api. Semen tahan api merupakan salah satu jenis bahan refractory. Tahukah Anda apa itu bahan refractory? Refractory merupakan material yang tahan terhadap api.  Material ini mampu menahan panas hingga mencapai 1000°F atau setara dengan 538°C. Suhu yang cukup tinggi bukan?

Semen tahan api atau yang dikenal dengan sebutan fire mortar biasanya digunakan untuk melapisi atau merekatkan bata tahan api. Terdapat 2 jenis semen tahan api, yaitu semen tahan api bubuk atau powder dan semen tahan api pasta. Meski demikian fungsi dari kedua jenis semen tahan api tersebut sama, yakni sama-sama digunakan untuk melapisi atau merekatkan batu bata tahan api atau fire brick. 

Salah satu perbedaan semen tahan api powder dan pasta adalah pada proses pengeringannya. Semen tahan api powder memerlukan proses heating up terlebih dahulu sebelum dilekatkan ke batu bata. Hal ini dikarenakan semen tahan api powder tidak dapat mengering tanpa proses pembakaran dahulu. Sementara itu, penggunaan semen tahan api powder hanya cukup dengan menambahkan air saja sehingga dapat langsung diaplikasikan pada bata tahan api atau fire brick.

Sementara itu semen tahan api yang berbentuk pasta sangat cepat mengering. Jadi tidak diperlukan proses heating up yang akan memakan waktu cukup lama. Selain itu, semen tahan api pasta juga tidak perlu lagi diberi tambahan air. Semen tahan api bentuk pasta dikenal dengan sebutan Air Setting Mortar. Harga jual semen tahan api powder dan semen tahan api pasta pun berbeda.

tabel-insuling-semen-tahan-api

Dalam penggunaanya semen tahan api harus disesuaikan dengan type dari fire brick atau bata api yang digunakan. Jadi penting untuk mengetahui spesifikasi dari fire brick yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan pada proses perekatan dengan semen tahan api.
Meski demikian, harga jual semen tahan api masih sering berubah sewaktu-waktu. Jadi jika ingin mencari kepastian mengenai harga semen tahan api, Anda dapat menghubungi distributor semen tahan api yang ada di indotrading.com. 

Setelah membaca perbedaan semen tahan api powder dan pasta diatas, sudah tahu ingin menggunakan semen api jenis yang mana? Gunakan lah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik pasta maupun powder, fungsi keduanya tidaklah jauh berbeda. Semoga bermanfaat!


TAG

Yunarko

Semangat Pemuda Untuk Berbagi dan Menginspirasi.

  • email
  • linkedin
  • rss
  • pin
  • youtube
  • instagram
  • twitter
  • facebook
  • google+

0 thoughts on “Perbedaan Semen Tahan Api Powder dan Pasta