IBX5841290004FB3
BREAKING NEWS
Search

Perbedaan Gergaji Tangan dengan Gergaji Besi

Perbedaan Gergaji Tangan dengan Gergaji Besi


Gergaji merupakan salah satu suatu alat perkakas yang digunakan untuk memotong berbagai material seperti kayu atau besi. Pada umumnya, gergaji terbuat dari besi tipis yang bergerigi. Kerapatan gigi gergaji akan menentukan ketebalan bahan yang dapat dipotong.

Jenis gergaji ada bermacam-macam, misalnya gergaji tangan dan gergaji besi. Gergaji tangan merupakan jenis gergaji yang dapat digunakan secara manual alias menggunakan tangan. Meski pada umumnya gergaji digunakan untuk memotong kayu, namun terdapat jenis gergaji yang diperuntukkan untuk memotong logam. Harga jual gergaji tangan dibandingkan dengan jenis gergaji lainnya, misalnya gergaji besi pun berbeda. 

Sementara itu, gergaji jenis Hacksaw atau disebut gergaji besi merupakan salah satu gergaji yang digunakan untuk memotong logam atau material lain seperti dari bahan plastik. 

Gergaji Hacksaw
Gergaji Hacksaw
Selain digunakan untuk memotong logam, gergaji hacksaw juga kerap digunakan untuk memotong pipa. Bahkan pipa yang keras sekalipun dapat dipotong menggunakan gergaji hacksaw. Gergaji hacksaw sendiri ada yang bersifat manual dan ada juga yang menggunakan tenaga listrik. 

Gergaji besi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan gergaji tangan lainnya seperti gergaji hand saw. Gergaji besi dapat diatur sesuai kebutuhan panjang gergaji dan dapat diatur dengan mudah. Selain itu, jika mata gergaji sudah tumpu, Anda hanya cukup menggantinya dengan mata gergaji yang baru tanpa perlu membeli secara untuh kembali.

Mata gergaji besi juga tampak lebih kecil dan lebih rapat jika dibandingkan dengan gergaji kayu. Kerapatan inilah yang membuat gergaji jenis ini mampu memotong bahan material yang lebih keras.

Disaat hendak membeli sebuah gergaji tangan, perhatikan jenis gergaji tersebut. Setiap jenis gergaji memiliki fungsi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Harga jual gergaji tangan saat ini sangat kompetitif, mengingat begitu banyak perusahaan yang memproduksi gergaji tangan.
Gergaji tangan dengan kualitas besi yang baik tentunya memiliki harga jual yang lebih tinggi, dibandingkan dengan hargajual gergaji tangan dengan kualitas standar.

Meski demikian harga jual gergaji tangan sangatlah terjagkau, termasuk gergaji besi sendiri.  Jika hendak membeli gergaji besi, pilihlah gergaji besi yang kualitas tangkainya baik dari penjual yang terpercaya. Perhatikan pula bagian mata gergaji agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.


TAG

Yunarko

Semangat Pemuda Untuk Berbagi dan Menginspirasi.

  • email
  • linkedin
  • rss
  • pin
  • youtube
  • instagram
  • twitter
  • facebook
  • google+

0 thoughts on “Perbedaan Gergaji Tangan dengan Gergaji Besi