IBX5841290004FB3
BREAKING NEWS
Search

Mengenal 5 Kota Penghasil Batik Populer Di Indonesia

pekalongan-city-of-batik


Indonesia memang dikenal sebagai negara penghasil batik. Corak-corak batik unik nan indah dari seluruh penjuru daerah senantiasa menarik untuk diamati dan dikoleksi. Kini batik tak hanya bisa dimanfaatkan untuk busana tradisional, melainkan juga cocok sebagai bahan dasar busana modern.

Hampir semua daerah di Indonesia memiliki batik dengan ciri khas masing-masing. Di antara sekian banyak daerah penghasil batik, 5 kota ini adalah kota penghasil batik paling populer di Indonesia :

Pekalongan
Ingat batik, pasti ingat Kota Pekalongan. Salah satu motif batik paling populer dari Pekalongan adalah batik Jlamprang. Konon, motif jlamprang berasal dari perajin batik keturunan Arab yang beragama Islam. Karena agama Islam melarang pembuatan gambar-gambar mahkluk hidup, maka pola-pola geometris menjadi bentuk dasar dari motif jlamprang.

Yogyakarta
Ada hal menarik yang melatarbelakangi batik Yogyakarta yang mayoritas didominasi warna cokelat. Warna tersebut rupanya berasal dari soga, jenis tanaman yang menghasilkan warna cokelat alami. Batik keraton khas Yogyakarta dulunya identik dengan keluarga kerajaan karena hanya dibuat dan dikenakan oleh anggota keluarga keraton.

Kalimantan
Pengaruh leluhur Suku Dayak ternyata turut mengilhami motif-motif batik kalimantan. Salah satu motif batik Kalimantan paling terkenal adalah batik benang bintik. Di dalam motif ini terdapat bentuk yang disebut batang garing atau pohon kehidupan.

Bentuk pohon vertikal menggambarkan hubungan manusia dengan Tuhan sementara pola horizontal menginterpretasikan hubungan manusia dengan sesama mahkluk hidup di bumi. Kalimantan juga punya motif batik populer lainnya yaitu balain nihing, tameng, tombak, dan masih banyak lagi.

Solo
Hampir sama dengan batik Yogyakarta, batik Solo juga mengandalkan soga sebagai pewarna alami. Motifnya yang didominasi warna cokelat membuat batik Solo kurang populer di kalangan generasi muda. Namun model pakaian batik yang semakin variatif membuat batik Solo kembali naik daun akhir-akhir ini.

Cirebon
Motif batik megamendung adalah motif batik paling populer dari Cirebon. Corak berbentuk awan melambangkan awan sebagai pembawa hujan yang mendatangkan kesuburan. Untuk memperoleh motif megamendung dengan gradasi warna, proses pewarnaan batik harus dilakukan hingga 3 kali.

Sebenarnya Anda tidak perlu berkeliling ke seluruh penjuru Indonesia untuk mendapatkan kemeja batik berkualitas. Karena cari kemeja batik pria modern bisa dilakukan di MatahariMall. Kini pilihan kemeja batik pria di MatahariMall semakin beragam. Aneka warna dan motif menarik siap menjadi pilihan Anda untuk bergaya.

Tanpa harus repot-repot bepergian, kemeja batik pria dari MatahariMall siap dipesan dan diantarkan langsung ke rumah Anda.


TAG

Yunarko

Semangat Pemuda Untuk Berbagi dan Menginspirasi.

  • email
  • linkedin
  • rss
  • pin
  • youtube
  • instagram
  • twitter
  • facebook
  • google+

0 thoughts on “Mengenal 5 Kota Penghasil Batik Populer Di Indonesia