IBX5841290004FB3
BREAKING NEWS
Search

Berbanggalah Kini Industri Penerbangan Kita Bangkit

R80 BJ Habibie


Siapa sih yang gak kenal Habibie di negeri ini ? ya mungkin saja anak angkatan 2000-an memang tidak merasakan masa-masa si Bapak menjadi penguasa di Indonesia, mungkin Habibie akan lebih identik dengan kisah cintanya di depan mereka. Tetapi Habibie tentu saja lebih kita kenal sebagai seorang teknokrat, yang pernah memberikan asa bagi dunia teknologi penerbangan di Indonesia.

Habibie adalah salah satu anak bangsa terbaik yang pernah kita punya, walaupun dulu ia juga terkenal karena keputusannya memberikan referendum pada Timor Timur. Pak Habibie ini kecerdasannya sudah diakui secara Internasional. Gimana enggak, saat dia mengambil studi teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen Jerman Barat, menerima gelar diplom ingenieur pada 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

Setelah dia kembali ke Indonesia atas permintaan Presiden Soeharto, Pak Habibie berhasil menciptakan pesawat terbang buatan Indonesia asli bernama N250. Pada saat itu asa kita sangat membumbung tinggi karena negara berkembang kayak Indonesia berhasil membuat sebuah pesawat terbang. Kalo kamu pengen tahu euforia penerbangan perdananya, kalian bisa tonton video di bawah ini :



Kalian tergetar sebenarnya menonton video di atas, kita serasa menjadi negara terdepan dalam teknologi saat itu. Dan jika kamu paham apa sebenarnya Visi Pak Habibie tentang bangsa ini, sudah pasti kamu akan ikut sedih. Gimana enggak, dari dulu Pak Habibie sudah menyadari bahwa Negara kita yang kepulauan ini akan sangat berkembang jika didukung dengan Pesawat tipe antar pulau seperti N250, roda perekonomian akan berputar dan yang paling menguntungkan lagi karena kita tidak perlu membeli pesawatnya dari luar negeri (bahkan mungkin mengekspornya). Kamu bisa baca konspirasi kenapa N250 tidak diproduksi dan akhirnya mandek, semua orang mengatakan Pak Habibie terlalu pintar dan idenya tidak cocok bagi Indonesia yang fokusnya belum ke teknologi, padahal anggapan itu stupid, gobl*k dan salah besar.

Alhasil kita akhirnya membeli pesawat dari luar negeri dan sampai saat ini kita tidak punya produk transportasi teknologi sendiri, semua mentok pada prototipe dan kayaknya Pemerintah memang gak ngasih kesempatan bagi produk-produk teknologi buatan lokal untuk berkembang.

Lama tak terdengar tentang Industri Dirgantara Indonesia, kamu sebenarnya tidak boleh merasa kecewa karena ada berita yang memberikan kita sebuah harapan bahwa Indonesia belum menyerah untuk unjuk gigi dalam teknologi penerbangan. Berita datang dari PT DI yang bekerjasama dengan LAPAN untuk membuat sebuah pesawat, langsung saja baca dan menuju ke link beritanya dari detik.com : http://finance.detik.com/read/2014/09/09/125452/2685196/1036/pesawat-baru-n219-made-in-bandung-bakal-dipamerkan-agustus-2015


TAG

Yunarko

Semangat Pemuda Untuk Berbagi dan Menginspirasi.

  • email
  • linkedin
  • rss
  • pin
  • youtube
  • instagram
  • twitter
  • facebook
  • google+

0 thoughts on “Berbanggalah Kini Industri Penerbangan Kita Bangkit